Wisata Candi Prambanan Jogjakarta

Candi Prambanan yang juga dikenal Candi Seribu Candi adalah salah satu candi hindu terbesar. Letak candi inipun sangat unik karena berada diantara dua Provinsi yaitu Provinsi DI. Yogyakarta (Kab. Sleman) dan Provinsi Jawa Tengah (Kab. Klaten). Candi Prambanan sudah terdaftar sebagai salah satu warisan budaya di dunia oleh UNESCO pada tahun 1991.

Candi prambanan yang terkenal dengan seribu candi sebenarnya hanya berjumlah 240 komplek candi. Candi Hindu ini merupakan persembahan untuk dewa Siwa, oleh karena itu dalam bahasa Sanskerta disebut Siwaghra yang berarti rumah Siwa.

candi prambanan

Arsitektur bangunan komplek candi Prambanan berbentuk tinggi dan ramping, sama dengan arsitektur Hindu lainnya. Dengan candi Siwa sebagai candi utama dan yang paling tinggi memiliki ketinggian mencapai 47 meter menjulang di tengah kompleks gugusan candi-candi yang lebih kecil. Candi Siwa diapit oleh dua candi lainnya yaitu Candi Wisnu dan Brahma.

Jam Buka Candi Prambanan

Setiap hari: 06:00 – 17:00

(Pada saat bulan kemarau biasanya digelar pertunjukan sendratari Ramayana dipanggung terbuka trimurti, Anda bisa masuk ke Candi Prambanan pada malam hari pukul 20.00-22.00 setelah membeli tiket)

suasana wisata candi prambanan malam hari

Harga tiket masuk Candi Prambanan

Harga tiket untuk Dewasa: 30.000 Rupiah untuk WNI dan 18 USD untuk WNA (wisatawan Asing)

dan untuk Anak-anak: 12.500 Rupiah untuk WNI dan 9 USD untuk WNA (wisatawan asing)

Souvenir dari Candi Prambanan

Di pelataran Candi Prambanan banyak terdapat penjual souvenir baik berupa miniatur candi prambanan, baju batik, baju kaos dan banyak lainnya.

Bagi yang ingin mengabadikan kenangan bersama keluarga, pasangan dan teman anda juga bisa menggunakan jasa fotografer. Bagi yang ingin berfoto sendiri juga tidak masalah karena candi prambanan terkenal memiliki pemandangan yang luar biasa indah. Jadi dari manapun angle yang anda pilih hasilnya tentu mengagumkan.

, , , , , ,

Post navigation

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *